DARK MODE 

Saturday 16 April 2016 @

Contoh PKM-Kewirausahaan Universitas Negeri Makassar 2016

Proposal Program Kreativitas Mahasiswa adalah proposal yang berisikan kreativitas mahasiswa dibidang pemberdayaan sumber daya manusia untuk menciptakan  sebuah trobosan dan inovasi baru mahasiswa guna menghadapi globalisasi.
Contoh PKM-Kewirausahaan Universitas Negeri Makassar 2016

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia

   Proposal adalah suatu dokumen atau berkas yang berisikan pengajuan permohoanan untuk mendapatkan persetujuan dan bantuan hibah dalam suatu kegiatan yang akan diadakan. Seperti halnya proposal PKM-K ini yang dibuat oleh Mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan UNM 2015 untuk mengajukan suatu permohonan kepada ristekdikti pada tahun 2015. 
     
     
PROPOSAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
JUDUL PROGRAM

CURANMOR
(Cuci Kendaraan Melalui Online dan Registrasi)

BIDANG KEGIATAN
PKM KEWIRAUSAHAAN
Diusulkan oleh :

Andi Hermanto (1596141002/2015)
Randi (1596140020/2015)
Chrisma Juwansari (1596141008/2015)
Triana Novytha (1596141026/2015)

UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
MAKASSAR
2015


DAFTAR ISI


RINGKASAN
    Dewasa ini jumlah kendaraan semakin meningkat, baik roda dua maupun roda empat. Di samping peningkatan jumlah kendaraan, masyarakat juga semakin disibukkan dengan berbagai aktivitas. Dengan kesibukan inilah yang membuat masyarakat khususnya pemilik kendaraan kurang memperhatikan kebersihan kendaraan mereka. CURANMOR (Cuci Kendaraan Melalui Online dan Registrasi) merupakan usaha peyedia jasa cuci kendaraan keliling dengan registrasi terlebih dahulu untuk berlangganan melalui online, via pesan dan telepon. CURANMOR memberikan kemudahan kepada masyarakat pemilik kendaraan dalam membersihkan kendaraan mereka. Di samping itu juga CURANMOR memberikan peluang usaha kepada kami sebagai mahasiswa dan membuka peluang kerja kepada para penganggur. Dalam pelaksanaan program ini, maka ada beberapa tahap yang harus dilakukan diantaranya, seperti survei pasar, pembuatan planning usaha, pembuatan website, penyediaan peralatan dan tenaga kerja, mempromosikan dan melaksanakan kegiatan. Program ini rencananya dilaksanakan selama 4 bulan dengan besar anggaran yang diperlukan ialah Rp 9.509.000,-

Kata Kunci : Cuci Motor, Kendaraan Bermotor, Online dan Registrasi


BAB 1 – PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
     Tanpa disadari volume kendaraan tiap tahunnya mengalami peningkatan, baik roda dua maupun roda empat. Hal ini dapat dilihat dari semakin banyaknya jumlah kendaraan yang ada di kota Makassar, seperti terlihat dari data jumlah kendaraan di Badan Pusat Statistik (BPS), kendaraan mencapai 2,4 juta roda 2 meningkat 13-14 persen per tahun dan roda 4 meningkat 8-10 persen per tahun lebih tinggi dari jumlah penduduknya sebanyak 1,7 juta jiwa. Pertumbuhan kendaraan yang tak terbendung menyebabkan kemacetan yang akan di jumpai di kota-kota besar khususnya Ibukota Sulawesi Selatan. Salah satu faktor pemicu kenaikan ini adalah tingkat kemakmuran masyarakat Makassar semakin tinggi.
      Perlu diketahui kewajiban pemilik kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat adalah merawat kendaraannya salah satunya mencuci kendaraan mereka yang kotor apalagi di kondisikan sarana jalan di Makassar yang sering kali membuat jengkel pemilik kendaraan. Terlebih jika kendaraan baru saja melibas jalanan berlumpur karena hujan dan jalanan berdebu ketika musim kemarau, akan tetapi kesibukan yang menyebabkan pemilik kendaraan kurang memperhatikan kebersihan kendaraan mereka. Selain waktu yang tidak cukup untuk melakukan perkerjaan ini, kendala lainnya adalah kualitas hasil pencucian jika dilakukan sendiri karena tidak adanya peralatan penunjang yang lengkap untuk melakukan pencucian sendiri. Jadi, semestinya peran Jasa Pencuci kendaraan sangat diperlukan untuk membersihkan kendaraan mereka akan tetapi jasa pencuci kendaraan saat ini tidak memberikan kenyamanan yang diharapkan pemilik kendaraan disebabkan waktu cuci yang lama bahkan 3 kali lipat lamanya dibandingkan cuci sendiri, apalagi harus dihadapkan dengan antrian dengan pemilik kendaraan lain yang ingin mencuci kendaraan mereka. Ketika hal ini terjadi maka salah satu keburukan terjadi yakni tersisipnya barang pada kendaraan lain disebabkan teledornya karyawan, disebabkan terlalu banyak kendaraan yang dicuci yang menyebabkan hilangnya barang.
     Ketika di cermati bahwa kondisi tersebut dapat di jadikan peluang usaha untuk mendapatkan sebuah keuntungan yang berskala jangka panjang, salah satunya CURANMOR (Cuci Kendaraan Melalui Online dan Registrasi) adalah salah satu layanan penyedia jasa yang menggunakan layanan internet, via pesan dan telepon untuk mempermudah dalam pelaksanaan yang dapat memberikan solusi bagi pemilik kendaraan di Makassar dalam hal efisiensi dan sebuah kenyamanan.

1.2 Tujuan Program
     Tujuan dari latar belakang di atas adalah:
  1. Memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pemilik kendaraan.
  2. Mengefektifitaskan teknologi internet dalam menjalankan usaha CURANMOR (Cuci Kendaraan Melalui Online dan Registrasi)
  3. Membuka lapangan pekerjaan.
1.3 Luaran yang Diharapkan
   Dengan usaha ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pemilik kendaraan serta memberikan peluang usaha kepada mahasiswa dan masyarakat yang ada di Kota Makassar.

1.4 Manfaat Kegiatan

Adapun manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan PKM-K ini adalah:
  1. Memberikan Pelayanan terhadap pemilik kendaraan dari segi efisiensi dan efektifitas demi keyamanan pengguna jasa.
  2. Menjadikan solusi bagi pemilik kendaraan yang ingin membersihkan kendaraannya walaupun dalam kondisi sibuk.
  3. Memberikan penghasilan tambahan bagi mahasiswa dan penganggur.

BAB 2 – GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA

a) Kondisi Umum Lingkungan
   Sebagian Pemilik kendaraan lupa atas kewajibannya merawat kendaraan mereka, disebabkan kesibukan dengan perkerjaan. Dari hasil pengamatan di lingkungan sekitar ditemukan bahwa masyarakat tempat tinggal kami banyak memiliki kendaraan baik roda 2 maupun roda 4. Hal ini sangat mungkin bisa mempunyai prospek usaha kedepannya dengan keutungan sekala panjang.
b) Diskripsi Pengguna Jasa
    Wirausaha baru di bidang pencucian kendaraan keliling ini sangat potensial menjadi unit usaha baru yang berkelanjutan dan menjadi inovasi baru di bidang pencucian kendaraan yang sangat memberikan keuntungan bagi pemilik kendaraan. Nilai efektifitas dari usaha CURANMOR (Cuci Kendaraan Melalui Online dan Registrasi) bagi pemilik kendaraan adalah tidak perlu membuang waktunya untuk pergi ketempat pencucian dan menunggu kendaraan mereka di cuci, dengan hanya melalui Via pesan, telepon atau masuk ke website CURANMOR kemudian melakukan registrasi maka resmi menjadi pengguna jasa CURANMOR dan mendapatkan fasilitas cuci kendaraan sekali seminggu sesuai dengan proses registrasi sebelumnya. Dimana hal-hal yang di perlukan dalam pengisian registrasi pengguna jasa adalah (a) mengisi nama pemilik kendaraan dan No STNK. (b) memasukan alamat kendaraan yang hendak di cuci. (c) memasukan jenis kendaraan. (d) kemudian tekan OK untuk menyelesaikan registrasi. Setelah berhasil melakukan registrasi pengguna jasa menunggu hasil proses dari pihak CURANMOR karena terlebih dahulu diklasifikasikan mengenai pengelompokan lokasi dan waktu pencucian.
c) Diskripsi Karyawan
    Usaha cuci kendaraan termasuk perkerjaan yang akan diperuntukan bagi kaum muda dan mahasiswa serta masyarakat yang menganggur yang ingin memiliki penghasilan untuk memenuhi keperluan hidup. Hal ini dimaksudkan untuk memberi biaya tambahan bagi mahasiswa dan masyarakat pada umumnya yang bermasalah di bagian keuangannya. Untuk menjadi Karyawan CURANMOR (Cuci Kendaraan Melalui Online dan Registrasi) atau di sebut dengan KAWAN CURANMOR harus terlebih dahalu mendaftar kepada penanggung jawab usaha kemudian di berikan username dan password, setelah resmi diterima menjadi karyawan, yang digunakan untuk melakukan Pra-Registrasi Online dimana hal yang harus dilakukan (a) Mengisi jumlah kendaraan yang akan di cuci dalam seminggu (maks 100 unit ) sesuai dengan kesanggupan Karyawan masing-masing. (b) memilih lokasi Kendaraan, dimana hanya di perbolehkan memilih kendaraan yang berada dalam 1 lokasi. (c) kemudian tekan OK untuk mengakhiri Registrasi dan mencetak hasil Registrasi yang seperti dibawah ini:
    Jumlah kendaraan yang di cuci mempengaruhi gaji yang akan di bayarkan perbulannya setelah KAWAN CURANMOR menyelesaikan Pra-Registrasi maka pemilik kendaraan secara otomatis mendapatkan pemberitahuan melaui via pesan atau email yang berisikan biodata karyawan yang hendak mencuci kendaraan mereka dan jadwal pelaksanaan.
d) Targetting
     Melalui usaha ini target kedepannya yang mengarah pada semua pemilik kendaraan serta ditargetkan menjadi usaha yang memiliki tingkat pelanggan yang cukup banyak dengan peningkatan pelayanan yang baik.
e) Analisis Biaya Usaha
    Tahap ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar biaya yang diperlukan jika usaha ini dijalankan serta jumlah target yang harus mencapai terjadi titik impas.(break even Point).

BAB 3 – METODE PELAKSANAAN
a. Survey pasar
    Sebagai langkah awal dari penelitian suatu usaha,hal yang pertama dilakukan adalah survey langsung terhadap lingkungan sekitar kita. Tujuan dari dilakukannya survey pasar sekitar adalah untuk mencari peluang usaha dan strategi usaha kedepannya dan mendapatkan informasi mengenai usaha cuci kendaraan saat ini dan sejauh mana pengguna jasa menggunakan jasanya.
b. Pembuatan Planning Usaha
    Langkah selanjutnya setelah mendapatkan ide untuk mendirikan suatu usaha adalah membuat planning usaha. Di dalam planning usaha ini dijelaskan tentang latar belakang usaha, jenis usaha, lokasi usaha, strategi pemasalahan,jadwal kegiatan, sumber dana, estimasi biaya yang diperlukan, penerimaan, dan keuntungan profit yang akan didapatkan. Di samping itu, juga dicantumkan analisa kelayakan usaha .
c. Pembuatan Website
    Sesuai dengan judul kegitan kami yang berbasis Online untuk proses Registrasi maka diperlukan pembuatan website untuk menampilkan profil bisnis dengan layout dan informasi yang jelas terutama mengenai proses registrasi dan informasi mengenai jadwal 1 hari kerja.WEBSITE
d. Promosi + Leaflet
    Dilakukan promosi yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada para konsumen sehingga mereka tertarik untuk menjadi pengguna jasa CURANMOR.
e. Pendataan Registrasi
    Setelah terselesainnya pembuatan website dan promosi maka pelaksanaan berikutnya melakukan pendataan pengguna jasa hasil registrasi dan membagi pengguna jasa dalam 1 lokasi untuk mengifensiensi dalam pelaksanaan usaha.
d. Promosi + Leaflet
    Dilakukan promosi yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada para konsumen sehingga mereka tertarik untuk menjadi pengguna jasa CURANMOR.
e. Pendataan Registrasi
    Setelah terselesainnya pembuatan website dan promosi maka pelaksanaan berikutnya melakukan pendataan pengguna jasa hasil registrasi dan membagi pengguna jasa dalam 1 lokasi untuk mengifensiensi dalam pelaksanaan usaha
.
BAB 4-BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN

Contoh PKM-Kewirausahaan Universitas Negeri Makassar





Contoh PKM-Kewirausahaan Universitas Negeri Makassar
Contoh PKM-Kewirausahaan Universitas Negeri Makassar


Lampiran 4. Surat Pernyataan Ketua Peneliti
Contoh PKM-Kewirausahaan Universitas Negeri Makassar

Semoga  artikel mengenai Contoh PKM-Kewirausahaan Universitas Negeri Makassar ini bermanfaat bagi kalian dan dapat digunakan dengan semestinya.





No comments:

Post a Comment